Tips Memilih Kenari Indukan

Saat ekonomi yg demikian sukar saat ini ini kita mesti memikirkan kreatif bagaimana kita bisa menambah pendapatan untuk diri kita saat ini ini, terlebih dng efek ekonomi yg demikian menyusahkan untuk kita. Dengan banyak pabrik yg gulung tikar di karenakan efek ekonomi yg tak karuan serta kesempatan kerja yg demikian sempit/ sedikit atau apalagi tak ada sekalipun, oleh karenanya kita bisa berwiraswasta sendiri di antaranya yaitu beternak. Jikalau belum ada modal yg cukup kita bisa coba dng yg relatif lebih kecil dahulu. Di sini saya cuma pingin sharing perihal usaha beternak tsb di antaranya yaitu beternak burung kenari. Ada sebagian langkah utk beternak kenari terutama untuk pemula, terlebih untuk orang yg apalagi sekalipun belum dulu mengetahui pekicau kenari. Di sini saya dapat sharing perihal langkah beternak kenari dari menentukan indukan s/d ciri – ciri indukan kenari siap utk digabung dng pejantan. 

Menentukan Kenari Betina

Indukan atau kenari betina adalah penghasil anakan kenari yg sangat utama, memilih kenari indukan yg bagus kita dapat memperoleh hasil yg memuaskan. Dipandang dari wujud body/ tubuh dari kenari tsb, ciri dari kenari betina dipandang dari body/ tubuh : dari paruh hingga ekor berdiri tegak lurus ke bawah serta memanjang, bila dapat indukan/ kenari betina tubuhnya besar meskipun kenari tsb yaitu kenari lokal, saya menyarankan kenari indukan yg bertubuh besar serta panjang karena bila satu waktu bila Anda sukses menangkar yg lokal lantas Anda pingin bertukar dng kenari import atau yorksire Anda bisa memakai kenari lokal tsb sbg babon (indukan spesial cuma mengerami telur).

Tips Memilih Kenari Indukan

Untuk menentukan indukan kenari Anda juga mesti memikirkan dahulu kenari indukan yg telah siap telur atau yg tetap dere (tetap muda), bila pingin melacak yg telah siap baiknya Anda beli ke peternak segera, bila Anda membelinya di pasar burung di khawatirkan Anda dapat terkena tipu oleh si penjual. Saya dulu beli di pasar nyatanya kenari indukan yg saya beli terkena panyakit napas hingga bertelurnya lalu tak optimal, tiap-tiap bertelur kenari tsb cuma bertelur 2 butir bila kenari tsb sehat dapat bertelur hingga 5 butir. 

Ciri kenari betina yg telah siap dipandang dari anus, Anda bisa memegang kenari tsb lantas Anda balik serta ditiup bulu yg dekat dng anus, bila anus pd burung kenari telah tak ada bulunya serta tonjolan anus telah terlihat membesar maka kenari tsb telah siap utk jadikan indukan, ciri ini juga berlaku utk kenari yg tetap muda namun utk kenari yg tetap muda bulu di dekat anus umumnya tak dapat rontok seluruh pasti ada sebagian bulu yg tumbuh didekat anus. Untuk tahu kenari muda tsb telah siap utk dibuahi atau tak maka Anda mesti mempersiapkan sangkar yg didalamnya telah ada area bertelur kenari, area bertelur kenari tsb mesti berisi serabut-serabut halus, bila kenari telah mengatur serabut-serabut halus tsb rapi serta melingkar cocok dng tempatnya serta rapi maka Anda bisa memasukkan kenari jantan ke dlm sangkar yg telah digunakan oleh kenari indukan tadi. 

Menentukan Kenari Pejantan

Kenari jantan adalah kenari yg berikan pembibitan pd betina yg kedepannya diinginkan bisa berikan hasil atau anakan yg memiliki nada keras, mental yg berani. Untuk hasil anakan dipandang dari sisi postur tubuh dapat dipandang pd menulis yg pertama perihal Indukan Betina namun tak tutup kemukinan utk pejantan juga sebaiknya yang bisa berikan hasil yg bagus juga.

Tips Memilih Kenari Indukan
Ciri dari pejantan yg dapat dipakai utk membuahi kenari betina : 

Kenari jantan sebaiknya mempunyai nada atau berkicau dng keras, diinginkan dng nada yg keras serta mempunyai kemampuan nada yg keras bisa di turunkan ke anakan yg kedepannya dapat dihasilkan pada waktu dipakai sbg pejantan. Lantas warna dari burung kenari sendiri utk pejantan warna yg bagus utk dipakai sbg indukan pejantan yaitu warna yg relatif agak tidak sama serta sukar utk dihasilkan, perumpamaan warna burung kenari yg bagus utk buat jadi pejantan yaitu warna kuning, di pasaran warna ini mempunyai keindahan, dipandang dari sisi penjualan warna kuning amatlah diminati serta harga nya lalu juga standart dng kata lain terjangkau oleh orang yg sakunya agak tidak tebal, warna yang lain yakni sankis atau warna kuning namun disertai dng warna putih hingga membuahkan warna kuning keputihan, Untuk kenari type warna ini harga nya juga tak jauh lain dng warna kuning. Warna burung kenari yang lain yaitu orange atau warna dari bulu-bulunya mirip warna orange wortel, utk type kenari warna seperti ini harga nya relatif lebih mahal di karenakan utk membuahkan kenari type warna seperti ini amatlah sukar hingga harga nya juga relatif mahal. 

Penulis menuturkan warna dari type kenari supaya beberapa pembaca bisa menentukan indukan pejantan yg kedepannya jadikan sbg pejantan serta bisa membuahkan anakan yg bagus serta bisa di terima dipasaran, Jikalau belum memiliki dana utk coba type kenari yg mempunyai warna tsb di atas pembaca bisa coba dahulu dng kenari type lurik lokal, di karenakan kenari type ini harga nya relatif terjangkau tak tahu dari sisi betina maupun dari sisi pejantan. Namun penulis pesan bila telah sukses dng type lurik ini janganlah pembaca buang atau di jual seluruh kenari yg sudah membuahkan tsb, di karenakan tak seluruh kenari membuahkan warna yg sama. Pastikan kenari betina yg manghasilkan banyak telur utk lebih jelas baca di menentukan Indukan Betina. Untuk postur tubuh dari kenari jantan carilah yg sama juga dengan kenari betina yg sudah penulis terangkan di langkah pertama menentukan Indukan Betina.

Tips Memilih Kenari Indukan

Selanjutnya yaitu pejantan kenari belum pasti seluruh bisa membuahi betina, meskipun kenari jantan tsb berkicau dng nada yg keras serta mempunyai postur tubuh yg bagus. Kenari jantan terkadang mempunyai karakter yg kejam yakni bila lihat burung yg sejenis sefatnya yaitu menyerang burung tsb. Bila pembaca menenukan kenari jantan type ini baiknya dijual saja di karenakan bila digabung dng kenari betina sulit utk jodoh atau lakukan pembuahan, disebabkan yg dihasilkan kenari jantan tsb dapat membunuh kenari betina nya. Untuk tahu kenari jantan bisa membuahi atau tak pembaca sebaiknya mempraktikkan segera di karenakan bila cuma dng lihat tak lagi dapat di ketahui akhirnya. 

Penjodohan

Saat menjodohkan kenari kita mesti lihat dahulu kenari betinanya telah siap atau belum seperti yg telah saya terangkan di tulisan pertama " Menentukan Betina " disini sedikit saya singgung. Untuk tahu betina kenari itu telah siap atau belum pembaca dapat lihat pd dubur kenari bila betina itu telah siap maka pd dubur kenari bulu - buluny telah pd hilang atau rontok. Lantas pindahkan ke sanggkar yg telah siap dipakai utk menjodohkan kenari, step pertama sangkar sebaiknya diberi area utk bertelur serta pd posisi area bertelur tsb belakang serta samping pd posisi area bertelur tsb di tutup dng kertas agar pada waktu kenari tsb mengerami telurnya tak lihat ke arah luar yg bebas atau dng kata lain karenanya ada tutup bisa kurangi masalah. Pada area utk bertelur kenari berisi serabut halus utk bantalan telur pada waktu bertelur serta ngerami telur, step ini kita juga dapat bahwasanya kenari telah siap utk digabung dng pejantan atau belum, bisanya kenari betina yg telah siap utk dijodohkan kenari tsb dapat menata atau mengatur serabut - serabut halus tsb ke dlm wadah area telur membentuk 1/2 lingkaran atau bulat, dng ciri tsb maka pejantan telah siap utk di masukkan ke dlm sangkar perjodohan. 

Ciri lain pada waktu perjodohan betina saat mendengar nada kicau dari pejantan si betina dapat keluarkan kicau kecil seperti nada rintihan dengan cara berulang - lagi, pd fase ini kenari betina ada yg belum menata serabut - serabut halus ke dlm area bertelurnya. Dengan keadaan seperti ini anda tak perlu terlampau lama menyendirikan kenari betina tsb, anda dapat menjodohkan kenari betina tsb atau memasukkan kenari jantan ke dlm sangkar yg dipakai utk menjodohkan serta mengindukkan. 

Pada waktu menjodohkan terkadang kenari jantan dapat menyerang kenari betina pd awal - awal hari atau pada waktu baru masuk, pd keadaan tsb anda mesti mengawasi dengan cara teratur di karenakan ada kenari betina yg berani melawan kenari jantan hingga kenari jantan serta kenari betina dapat bertarung, bila bertarungnya cuma kicauan saja biarlah terkadang peristiwa tsb cuma menjaga posisi penguasa, saat keadaan kenari betina serta kenari jantan tsb amatlah birahi tanpa menuggu terlampau lama dapat berlangsung perkawinan biarlah perkawinan tsb berlangsung berapa kali sesudah selesai mengeluarkan kenari jantan serta dipisahkan dari kenari betina tsb, maka kurun waktu 1 minggu atau kurang kenari betina tsb dapat bertelur. 

Untuk menentukan kenari jantan yg dapat dipakai utk pejantan penulis telah menuturkan di tulisan yg ke dua " Menentukan Pejantan " sedikit juga penulis bahas kembali tak seluruh kenari jantan bisa lakukan sistem perkawinan atau arti ternaknya " NGISI " maka pandai - pintarlah utk melacak kenari jantan yg ngisi. 

Untuk perjodohan itu sendiri banyak yg memakai trick - trick yg tidak sama - lain, tiap-tiap peternak lakukan eksperimennya sendiri utk memperoleh hasil yg optimal atau maksimal, Sedikit penulis terangkan langkah yg penulis jabarkan ambil langkah indukan betina mengerami telurnya sendiri. Langkah ini sedikit menghimpit cost di karenakan tak tiap-tiap betina mempunyai pasangan jantannya sendiri walau demikian tiap-tiap kenari jantan bisa lakukan perkawinan dng betina yg lain, pengalaman saya utk kenari jantan bisa lakukan perkawinan dng kenari betina kian lebih 5 kenari betina. Ada juga yg lakukan perkawinan tiap-tiap kenari betina dapat di jodohkan dng kenari jantan serta tak lagi dirubah perjodohan tsb. Pada perjodohan diatas anda bisa menarik rangkuman langkah yg pingin diambil di tengok dari segi melacak pejantan serta mengambil keturunan yg prospeknya bagus serta penurunan gennya juga. 

 
Top